Jumat, 11 Juni 2010

ekonomi

MAKALAH
TEORI ORGANISASI UMUM 2#
EKONOMI















Disusun Oleh :
 Istiqom ah ( 11108045 )


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TI








KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Illahi dan atas berkat, rahmat dan karunia-Nya, makalah “ Teori Organisasi Umum 2# “ ini akhirnya dapat di selesaikan dengan banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya berhubung ilmu yang kami miliki sangat terbatas.

Makalah ini kami terbitkan dengan harapan agar semua kalangan dapat memahami lebih jauh mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan “EKONOMI”
Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan segala macam bentuk bantuan kepada kami hingga makalah ini dapat tersusun dengan baik. Penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Penulis pun tak lupa mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari siapa saja yang membaca makalah ini.

Akhir kata saya sampaikan, mudah-mudahan makalah ini dapat memberi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua bagi yang telah membacanya.



Bekasi, 05 maret 2010




penulis







BAB I
EKONOMI

1 PENGERTIAN EKONOMI
ekonomi berasal dari bahasa latin Oikonomia,yang terdiri atas kata oikos artinya rumah tangga dan nomos artinya aturan.jadi, ekonomi berarti aturan rumah tangga.
Ilmu ekonomi secara harfiaah mempunyai arti ilmu mengatur rumah tangga.pengertian ini tidak hanya berartimengatur rumah tangga suatu keluarga,akan tetapi dapat pula berate mengatur rumah tangga perekonomian suatu Negara secara keseluruhan.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan alat-alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas jumlahnya .dengan kata lain, ilmu ekonami adalah ilmu uang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran. Jadi, orang mempelajai ilmu ekonomi karena dua hal berikut ini:
a. kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya
b. alat-alat pemenuh kebutuhan terbatas jumlahnya.
Dengan demikian secara singkat dapat didefinisikan, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usaha mencapai kemakmuran.

2. MASALAH POKOK EKONOMI
A. menurut aliran klasik
manurut adam smith kemakmuran tidak terletak pada emas, melainkan pada barang-barang.kemakmuran menunjukan suatu keadaan yang seimbang antara kebutuhan dengan benda pemuas kebutuhan.proses untuk mencapai kemakmuran suatu masyarakat tidaklah mudah.hal inilah yang menjadi masalah pokok ekonomi di masyarakat.
Menurut teori ini dapat digolongkan menjadi tiga permasalahan penting:
a. maalah produksi
untuk mencapai kemakmuran,barang-barang kebutuhan harus tersedia ditengah masyarakat.karena masyarakat sangat hiterogen,maka barang-barang yang tersediapunberagam jenisnya sehingga muncul permasalahan bagi produsen, yaitu barang apa saja yang harus di produksi.munculnya pertanyaan tersebut diatas tidak lain karena heterogennya masyarakat.dengan demikian, tentu menimblkan permasalahan bagi produsen dan menimbulkan kekhawatiran apabila memproduksi suatu barang tertentu,tetapi tidak dikonsumsi masyarakat.
b. masalah distribusi
agar barang/ jasa yang telah dihasilkan dapat sampai kepada orang yang tepat, dibutuhkan sarana dan prasarana distribusi yang baik .contoh,dari kebun hasil panen perlu alat angkut yang ditunjang prasarana jalan yang baikagar hasil panen cepat smpai ke tangan konsumen dan tidak tertimbun pada produsen.
Sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh produsen tergantung pada kondisi produsen, hasil produksi,dan lingkungan masyarakatnya secara keseluruhan.
c. masalah konsumsi.
Barang hasil konsumsi yang telah didistribusikan kepada masyarakat idealnya dapat dipakai atau dikonsumsi oleh masyaraka yang tepat dan digunakan untuk memenuhi kebutuhanyang tepat pula. Persoalan yang muncul apakah barang tersebut akan dikonsumsi dengan tepat oleh mayarakat yang benar-benar membutuhkannyan atau menjadi sis-sis karena tidak terjanggkau oleh masyarakat sehingga proses konsumsi tidak berjalan sebagai mana mestinya.
Masalah ekonomi sangat berhubungan erat dengan situasi dan kondisi masyarakanyang dipengaruhi oleh factor lingkungan alam, social, budaya, tingkah pendapatan serta agama.

B. masalah pokok ekonomi menurut aliran modern
a.barang dan jasa apa yang akan diproduksi??(what)
b.bagaimana cara memproduksi??(who)
c.untuk siapa barang dan jasa dihasilkan???(for whom)


3.SISTEM EKONOMI
Pada dasarnya di dunia ini hanya ada dua bentuk system ekonomi,yaitu system ekonomi liberal dan sosialis.kedua system tersebut saling bertantangan astu sama lainnya akan tetapi,kenyataannya tidak ada satu Negara pun didunia ini yang melaksanakan kedua system tersebut diatas secara murni.agar jelasnya dibawah ini akan diuraikan satuper satu system ikonomi ysng ada.

1.Sistem Ekonomi Tradisional
Dlam system ekonomi tradisional,masalah apa,bGimN,Dn untuk siapa,dijawab dengan adanya adapt atau tradisi turun temurun. Adapt ini diwariskan secara konsisten pada generasi-generasi berikutnya.kita bias melihat bagaimanasuatu suku tradisional di lembah baliem, irian jaya dalam menjawab masalah-masalah ekonomi mereka.semua telah diatur dengan rapi, yaitu dengan adapt..adat sangat menentukan kapan masa berperang,kapan mengadakan panen, system pertanian yang dipakai,dan lain-lain.bagi kita yang berada diluar,mungkin hal tersbut terasa ganjil dan tek masuk akal, namun bagi mereka itulah solusi yang paling baik dan mampu memberikan jawaban bagi permasalahan yang mereka hadapi.

Cirri-ciri pada system ekonomi teradisional sebagai berikut:
a. tidak adanya pemisahan yang tegas antara rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi sehingga masih dianggap dalam satu kesatuan.
b. Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana.
c. Tidak ada hubungan dengan dunia luar sehingga masyarakat sanggat statis.
Berdasarkan cirri-ciri tersebut diatas,dapat disimpulkan bahwa system ekonomi tradisional mempunyai kebaikan, yaitu terjadinya persainggan yang sehat serta tidak menimbulkan tekanan jiwa dalam masyarakat karena anggota masyarakat tidak dibebani oleh target-target tertentu yang haus dicapai,namun demikian,system ekinomi tradisionalini juga mempunyai kelemahan, yaitu masyarakat sulit berkembang.


2.Sistem Ekonomi Komando
Sisi ekstrim system ekonomi lainnya adalah system ekonomi komandoatau perencanaan terpusat.dalam system ekonomi ini,perintah sangat dominant.peran ini diwujudkan satu komando, baik produksi maupun konsumsi.pemerintah akan menentukan apa, bagaimana dan untuk siapa saja yang kaya dan siapa saja yang miskin.
System ekonomi terpusat ini didasari oleh asumsi bahwa pemerintah(penguasa)dianggap dapat menentukan yang terbaik untuk masyarakatnya.negara-negara yang biasanya mengatur system ekonomi terpusat adalah Negara-negara sosialisasi/komunis,seperti RRC dan Kuba.
System ekonomi terpusat memiliki cirri-ciri sebagai berikut.
1. kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi, dan distribusi ) diatur oleh pemerintah.
2. kebebasan indifidu dalam berusaha tidak ada.
3. hak milik perorangan tidak diakui.
4. kepemilikan alat produksi sepenuhnya pada pemerintah.
5. kegiatan ekonomi idak melibatkan masyarakat ataw awasta.

3 Sistem Ekonomi Pasar (Kapitalis/Liberal)
Jika sistem ekonomi komando dikendalikan oleh pemerintah,maka lain dengan sistem ekonomi pasar yang menyerahkan jawaban permasalahan ekonomi seluruhnya kepada pasar.
Dalam sistem ekonomi pasar,sistem harga,pasar dan laba sangat menentukan jawaban terhadap pernyataan apa, bagaimana dan untuk siapa.orang yang ingin mendapatkan laba haruslah menguasai pasar(jika bias 100%) dengan mengendalikan teknologi yang maju dan harga yang tinggi.

Sistem ekonomo liberal memiliki beberapa cirri utama sebagai berikut.
a. Kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan dan dilaksanakan oleh swasta masyrakat.
b. Kebebasan masyarakatuntuk memiliki alat-alat produksi dan berusaha diakui.
c. Hak milik perorangan diakui.
d. Keikutsertaan pemerintah dalam bidang ekonomi dilakukan tidak secara langsung dan hanya terbatas pada pembuatan peraturan dan kebijakan ekonomi.
e. Kebebasan masyarakatuntuk berinovasi dan berinprovisasi diakui dan dihormati.
f. Kegiatanyang dilaksanakan bersifat proft orieted

4. Sistem Ekonomi Campuran
Haruskah kita sadari bahwa pada saat inii tidak ada satu pun Negara yang secarategasmenganut satu diantara tiga sistem ekonomiu tersebut.baik china yang berpaham komunis dan sangat besar kemungkinanya menerapkan sistem ekonomi komando, maupun amerika srikat yang menjadi kiblat dari ekonomi paar, tidak menyatakan bahwa sistem ekonomi yang mereka pakai adalah sistemekonomi koando atau sistem ekonomi pasar.
Kecenderungan saat ini adalah adanya sistem ekonomi campuran,(mixed economi),yaitu mengmbil sebagian unsure,unsure pasar, tradisional, dan komando.hal ini didasari kesadaran saling ketergantungan antar Negara dan adanya pangaruh ekonomi global.
Dengan sistem ekonomi campuran mekanisme harga dan pasar bebas yang dianut oleh sistem ekonomi pasar bebas dapat berdampinag dangan adanya perencanaan dari pusat seperti yang dianut oleh sistem eknomi komando.satu hal yang harus dipahami,bahwa pada sistem ekonomi campuran terdapat peranan pemerintah untuk mengendalikan pasar yang bertujuan agar ekonomi tak lepas sama skali dan menguntungkan para pemilik modal yang besar sehingga membentuk monopoli.










BAB II
permintaan dan penawaran
A. pengertian permintaan dan penawaran.
1.hukum permintaan.
Setiap orang mempunyai harga.harga adalah ingkat kemampuan suatu barang untuk ditukar dengan barang lain atau uang.harga ditentukan oleh dua kekuatan, yaitu permintaan dan penawaran.
Permintaan adalah berbagai jumlah barang atau jasa yang diminta atau ingin dibeli pada berbagai kemungkinan tingkat harga pada periode waktu tertentu. Apabila harga berubah, jumlah barang yang ingin dibeli juga akan berubah. apabila harga baju Rp 12.000,00 per potong,jumlah yang diminta 1 potong per tahun.semakin rendah harganya, maka jumlahnya yangdiminta meningkat. Hal ini sesuai dengan
Hukum permintaan berbunyi: semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak barang tersebut yang diminta;sebaliknya, semakin tinggi harganya, semakin sedikit permintaan akan barang tersebut. Hubungan antara perubahan harga dengan jumlah barang yang diminta atau ingin dibeli sebagai berikut.
a. Apabila permintaan meningkat, sedangkan jumah barang yang ditawarkan atau tersedia tetap, harga akan meningkat.hal ini karena akan timbul persaingan diantaa calon pembli sehingga penjual akan menjual barangnya kepada pembeli yang membayar lebih tinggi.
b. Apabila permintaan berkurang, sedangkan jumlah baragnya tetap, harga akan menurun.hal ini karena timbul persaingan diantara para penjual sehingga para calon pembeli hanya bersedia membayar kepada penjual yang bersedia menurunkan harganya.
c. Apabila harga meningkat karma kenaikan biaya produksi atau ada tambahan biaya-biaya lain,denga penghasilan yang tetap, bayak orang yang tidak mampu lagi membelinya.oleh karena itu, jumlah barang yang diminta akan berkurang.
d. Apabila harga turun kaena produksi menjadi lebih efesien atau ada biaya-biaya yang dapat dihemat, denga penghasilan yang sama, lebuh banyak orang yang mampu membelinya,oleh karena itu jumlah barang yang diminta akan bertambah.

2. hukum penawaran.
Penawaran artinyajumlah barang atau jasa yang akan dijual pada waktu tertentu dengan berbagai kemungkinan tingka\t harga.
Apabila harga barang berubah, jumlah barang yangditawarkan juga akan berubah.penawaran berkaita erat dengan kelangkaan. Suatu benda tersebut langka jika jumlah yang ditawarkan lebih kecil dibandingkan dengan jumlah yang diminta.jumlah barang yang ditawarkan dapat kurang karena setiap barang harusdihasilkan mengunakan factor-faktor produksi yang jumlahnya terbatas.fatir prodksi misalnya, buruh, mesin, pabrik, tanah,dan pengusaha.
Kurva penawaran menanjak dari kiri kebawah kekanan atas.Apabila harga sabun Rp 200.00 per buah,jumlah yang ditawarkan hanya 1000 lusin per tahun.semakin meningkat harganya, jumlah yang ditawarkan bertambah. hal ini sesuai dengan hukum penawaran yaitu semakin tinggi harga suatu barang, semkin banyak barang yang ditawarkan.sebaiknya semakin rendah harganya,semakin sedikit penawaran terhasap barang tersebut.




B. faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

1.faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Sebernarnya permintaan satu barang tertentu tidak hanya ditentukan oleh harga barang tersebut tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa factor lainnya.
a. pendapatan konsumen
Apabila pendapatan atau penghasilan konsumen bertambah, permintaan terhadap suatu barangjuga akan bertambah.
Pendapatan konsumen yang lebih tinggi daya belinuya meninggkat.

b. harga barang lainya yang mempunyai hubungan erat
perubahan harga barng yang lain dpat mempengaruhi jumlah barang tertentu yang ingin dibeli.akan tetapi barang lain tersebut mempunyai hubungn erat dengan barang yang akan dibeli, dalam hal ini ada dua macam barang lain.barang subtitusi dan barang komplementer.permintaan suatu barang akan bertambah jika harga barang yang menjadi substitusinya atau barang pengganti naik.sebaiknya,permintaan suatu barang berkurang jika barang komplementer atau barang penggenap naik.dua hal tersebut berlaku jika pendapatan konsumen tetap.
c. cita rasa konsumen.
Apabila cita rasa atau selera konsumen terhadap suatu barang tertentu meningkat, permintaan terhadap barang tersebut juga akan bertambah.
d. jumlah penduduk.
Dengan semakin bertambahnya penduduk, maka permintaan terhadap barang tertentu akan meningkat.
2.faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
Penawaran suatu barang tertentu tidak hanya ditentukan oleh harga barang itu, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa factor lainnya.
a. biaya produksi
Apabila harga bahan mentah atau bahan baku,timhkat upah, atau tingkat bunga menuingkat, biaya produksi suatu barang meningkat. Hal ini akan mempengaruhi jumlah barang yang ingin di jual atau ditawarkan.barang yang ditawarkan. Barang yang ditawarkan menjadi lebih sedikit dari sebelumnya.
b. kemajuan teknologi
kemajuan dibidang teknologi menyebabkan produksi menjadi lebih efesien.hal ini akan mnurunkan biaya produksi.akibatnya jumlah barang yang ditawarkan menjadi bertambah.
c. harga barang lainnya
perusahhan yang membua baju dan kaos akan memproduksi lebih banak baju apabila harga kaos turun.dengan demikian, jumlah baju yang akan ditawarkan dipengaruhi oleh harga kaos.


C. Harga kesetimbangan
a. pengertian harga kesetimbangan.
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli (permintaan)dengan penjual (penawaran).pembali dan penjual saling berinteraksi satu sama lain kemudian membuat kesepakatan tentang harga jumlah barang.harga yang terbentuk aedalah harga kesetimbangan(equilibrium price) dan jumlah kesetimbangan.harga kesetimbangan tau disebut juga harga pasar adalahharga yang terbentuk pada tingkat duimana jumlah yang diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama.
b. pasar yang tidak berada dalam kesetimbangan
bisakah pasar dalam kndisi tidak setimbang???? Bias.pasar yang tidak berada dalamkesetimbangan disebabkan leh kelebihan penawaran dan permintaan.
• Kelebihan penawaran
• Kelebihan permintaan
c. perubahan harga kesetimbangan
keadaan kesetimbanggan di pasarr adalah suatu keadaan yang tergantung pada kndisi-kndisi permintaan dan penawaraan yang berlaku pada saat-saat tertentu.pasar hanya dapat dikatakan dalam keadaan setimbang dalam kndisi-kndisi permintaan penawaraan tidak ada perubahaan.jika salah satu kndisi apakah kndisi permintaan atau penawaraan atau kedua-duanya berubah maka mengakibatkan harga pasar bergeser dari keadaan equilibrium yang ada ke keadaan yang baru.
Untuk memahami bagian ini,kita akan membagi perubahaan harga kesetimbangan dalam tiga bagian,yaitu sebagai berikut….
a. perubahan harga kesetimbanganyang disebabkan leh penggesran permintaan.
b. Perubahaan harga kesetimbangganyang disebabkan oleh penggeseran penawaran.
c. Perubahaan harga kesetimbangan yang disebabkan oleh penggeseran permintaan dan penawaran.




























BAB III
PRIILAKU K0NSUMEN



Perilaku konsumen
Teori Tingkah Laku Konsumen
Teori ini menerangkan perilaku pembeli-pembeli di dalam menggunakan dan membelanjakan pendapatan yang diperolehnya. Seorang konsumen yang rasional akan berusaha memaksimumkan kepuasan dalam menggunakan pendapatanya untuk membeli barang dan jasa. Untuk tujuan ini ia harus membuat pilihan-pilihan, yaitu menentukan jenis-jenis barang yang dibelinya dan jumlah yang akan dibelinya.Teori tingkah laku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan: pendekatan nilaiguna (utiliti) kardinal dan pendekatan nilaiguna ordinal. Dalam pendekatan nilaiguna ordinal, manfaat atau kenikmatan yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsikan barang-barang tidak kuantifiser.
Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi (keinginan) konsumen, yaitu :
 Kebutuhan dan Keinginan
Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar, maka persepsi dan ekspektasi konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya.
 Pengalaman Masa lalu
Pengalaman mengkonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya.
 Pengalaman dari Teman
Teman anda yang pernah mengkonsumsi suatu produk sebelum anda, akan menceritakan kepada anda kualitas produk tersebut sehingga bisa menambah atau mengurangi persepsi atau ekspektasi anda terhadap produk yang akan anda konsumsi.
 Komunikasi Iklan dan Pemasaran
Iklan dan pemasaran dapat merubah ekspektasi Anda. Mungkin saja ekspektasi anda terhadap produk Hoka-Hoka Bento meningkat karena ada bintang sinetron kegemaran anda yang menjadi bintang iklannya.



Teori Nilaiguna (Utiliti)
Di dalam teori ekonomi kepuasan atau kenikmatan yang di peroleh seseorang dari mengkonsumsikan barang-barang dinamakan nilaiguna atau utility. Kalau kepuasan itu semakin tinggi maka makin tinggilah nilaigunanya atau utilitinya.




Soal latihan
1. untuuk memenuhi kebutuhan dalam hidup seseorang terutama kebutuhan primer/produk merupakan
a.prinsip ekonimi. c. fisi ekonomi
b. tujuan ekonomi d.politik ekonomi
2. alas an yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi merupakan
a. motif ekonomi c.visi ekonomi
b. prinsip ekonomi d.politik ekonomi
3. berusaha dengan alat-alat atau dana yang tersedia untuk memperoleh hasil/tujuan sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya
a.motif ekonomi c. politik ekonomi
b. misi ekonomi d. prinsip ekonomi
4. factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah
a. pendidikan, kebudayaan, lingkungan waktu,agama
b. kebutuhan yang akan dating,lampau.
c. nilai tukar uang
d. nilai barang
5. menurut tingkatan /kegunaan kebutuhan manusia dibagi mnjadi 3 kecuali
a. kebutuhan pokok c. kebutuhan mewah
b. kebutuhan skunder d. kebutuhan lampau
6.barang yang langka adanya atau terbatasjumlahnya disbanding dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat.barang ekonomi dapat diperolehdngan pengorbanan merupakan pengertian dari barang…
a.ekonomi c.barang konsumsi
b. barang bebas d barang produksi
7. barang yang dalam penggunaanya saling melangkapi biasnya mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama merupakan pengertian dari barng….
a. konsumsi c.komplementer
b.ililith d.bebas
8.merupakan ketentuan—ketentuan yang menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi, yaitu bagaimana hubungan suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya pengertian dari…
a.hub kausal c.hukum ekonomi
b. hub saling mempengaruhu d. hub sebab akibat
9. cara-cara yang ditempuh dan tindakan tindakan yang diambil oleh pemerintah untuk mengatur kehidupan ekonomi nasional guna mencapai tujuan-tujuan di bidang ekonomi, untuk kemakmuran masyarakat
a. politik ekonomi c.motif ekonomi
b. tujuan ekonomi d. prinsif akonomi
10.politik ekonomi fiscal merupakan politik
a. kebuijaksanaan pemerintah dalam mengatur keuangan negara
b. kebuijaksanaan pemerintah dalam mengatur tingkat bunga
c kebuijaksanaan pemerintah dalam mengatur tingkat bunga
d. kebuijaksanaan pemerintah dalam mengatur tingkat bunga


Soal latihan
1. berbagai jumlah barang atau jasa yang diminta atau ingin dibeli dengan berbagai kemungkinan tingkat harga pada periode tertentu merupakan pengertian dari
a. Permintaan c. konsumsi.
b. Penawaran d. produksi
2. yang merupakan faktor factor yang mempengaruhi permintaan kecuali:
a. pendapatan produsen
b. harga barang lainya yang menpunya hubungan tidak erat
c. cita rasa konsumen
d. hubungan harga denga konsumen
3. jumlah barang dan jasa yang akan dijual pada waktu tertentu dengan berbagai kemungkinan tingkat harga merupakan pengertian dari:
a. permintaan c. produksi
b. penawaran d. konsumsi
4. factor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah
a. harga barang,biaya produksi, biaya pengeluaran.
b. kemajuan teknologi, harga barang klainnya, biaya peneluaran.
c. harga barang, biaya, biaya produksi,kemajuan teknologi,
d.harga barang,harga dipasaran,biaya produksi.
5. menyatakan bahwa semakin tinggi harga suatu barang,semakin banyak barang yang ditawarkan,dansebaliknya.
a. hukum penawaran c. penawaran harga barang
b. permintaan d. permintaan harga barang
6. sejumlah barang atau jasa yang mau dan mampu dibeli oleh konsumen berbagai tingkat harga dan waktu tertentu disebut….
a. pasar c. konsumsi
d. permintaan d. produksi
7. permintaan yang didukung daya beli tetapi belum dilaksanakan adalah permintaan…
a. absolute c.rill
b. efektif d. nominal
8.ukuram dan angka yang digunakan untuk menentukan elastisitas permintaan adalah….
a. koefisien elastisitas
b. koefesien elastisitas permintaan
c. koefisien arah
d.konstan














9. harga pasar adalah harga yang terjadi pada saat….
a. jumlah permintaan lebih besar dari jumlah penawaran
b. jumlah permintaan lebih kecil dari jumlah penawaran
c. jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran
d. jumlah konsumen sama dengan jumlah produsen di pasar
10. bila harga naik menyebabkan jumlah barang yang diterima turun.kejadian ini umumnya disebabkan oleh…
a. substitution affect c. kebudayaan
b. income effect d. hukum penawaran

Latihan soal
1. pelaku ekonomi yang mengonsumsi barang dan jasa sekaligus sebagai pemilik factor produksi adalah:
a. rumah tangga c pemerintah
b. perusahaan d. masyarakat luar negri
2. penghasil barang/jasa pabrik adalah
a. rumah tangga c. pemerintahaan
b. perusahaan d. masyarakat luar negri
3 berikut adalah pelaku ekonomi
1. rumah tangga 3. pemerintah
2. perusahaan 4.masyarakat luar negri
Pelaku ekonomi yang membayar pajak kap Negara adalah
a.1 c. 3
b. 2 d. 1, 2, 3, & 4
4. balas jasa yang diterima rumah tangga menyediakan tenaga kerja untuk proses produksi di perusahaan adalah
a.rent c.modal
b.woge d. intern

5. berikut termasuk kegiatan produksi adalah
a petani memupuk tanaman
b peternak sapi memeras susu
c. pengrajin gerabah memjajakan anaman
d. pelukis mengadakan pameran hadil karyanya
6. kurva belajar adalah suatu kurva:
a. yang ditemukan aleh k j arrow
b. yang menunjukan hubungan antara output kumulatif dangan biaya
c. learning by doging
d. semua jawaban benar
7 keuntungan normal “di dapat kalau:
a.si produsen normal
b. jalur perluasan produksi
c. marjinal revenue = marginal cost
d. semua jawaban benar
8 apabila produsen mempunyai jangka waktu yang lama untuk meningkatkan produksinya maka sifat penawaran untuk produk barang yang demikian adalah
a.elastisitas c. elastis sempurna
b. in elastis d. elastis satuan
9.pajak yang ditarik oleh pemerintah akan meyebabkan harga
a. naik c. konstan
b. turun d.naik turun
10. baerdasarkan apa barang dapat dibagi menjadi barang konsumsi dan produksi
a.penggunaanya c. proses pembuatannya
b. daya tahan d. proses jaminan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar