Rabu, 28 Maret 2012

ACM&IEEE

ACM&IEEE

ACM, singkatan dari Association for Computing Machinery (Asosiasi untuk Permesinan Komputer), adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947 atau hanya satu tahun setelah dibangunnya ENIAC oleh matematikawan dan insinyur teknik elektro untuk memajukan ilmu dan aplikasi teknologi informasi. Salah satu penemu ENIAC, John Mauchly adalah salah satu pendiri ACM. Anggota ACM sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia bermarkas besar di Kota New York.

Metodologi dan proses yang standard, termasuk juga software engineering body of knowledge kemudian disusun dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan riset dan teknologi. Software engineering berubah menjadi sebuah disiplin ilmu baru. Pekerjaan yang diharapkan para mahasiswa/i jurusan computing di berbagai dunia, yaitu Software Engineer.
Dalam Computing Curricula 2005 yang diterbitkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), Software Engineering merupakan salah satu jurusan yang diakuinya. Ada lima jurusan yang terdapat dalam IEEE Computing Curricula 2005, yaitu :


1. Computer Engineering (CE, Teknik Komputer)
2. Computer Science (CS, Ilmu Komputer)
3. Information Systems (IS, Sistem Informasi)
4. Information Technology (IT, Teknologi Informasi)
5. Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak)



Definisi Software Engineering menurut IEEE pada proyek SWEBOK(Software Engineering Body of Konwledge) adalah aplikasi sistematik, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan dari software; dapat disimpulkan sebagai teknik aplikasi untuk perangkat lunak. Jadi Software Engineering adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi, desain, implementasi sampai pada pemeliharaan setelah digunakan.

Evolusi kurikulum komputer di Indonesia dimulai sekitar tahun 80-an, dengan melihat karakteristik komputer yang saat itu terasa sangat dekat dengan perangkat elektronika, maka kurikulum bidang ini dirancang dengan menggunakan pendekatan ilmu elektro. Kemudian berkembang lagi, pada awal 1990-an berkembang lagi dua cabang keilmuan yaitu ilmu komputer dan manajemen informatika. Pada tahun 2002, APTIKOM ( Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer ) se-Indonesia mengadopsi kurikulum dari ACM dan IEEE. Pada saat inilah terjadi perubahan program studi menjadi tiga :


1. Sistem Komputer ( Computer Engineering )
2. Teknik Informatika / Ilmu Komputer ( Computer Science )
3. Sistem Informasi ( Information System )
Berikut kurikulum yang diadopsi dari ACM dan IEEE.
1. Computer Engineering Sistem Komputer / Teknik Komputer
2. Computer Science Teknik Informatika / Ilmu Komputer
3. Information Systems Sistem Informasi / Manajemen Informatika
4. Information Technology Bagian dari Teknik Informatika / Ilmu Komputer
5. Software Engineering Bagian dari Teknik Informatika / Ilmu Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar